Tugas 4 Akuntabilitas, Akuntansi dan Audit Sektor Publik

Tugas 4

Nama : Yuli Lidya Monoarfa

Kelas : C, Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik

Jurusan/Prodi : Akuntansi/S1

Akuntabilitas Publik merupakan kewajiban dari pemegang tanggungjawab (dalam hal ini agent) untuk mempertanggungjawabkan, menyajikan dan mengungkapkan segala hal yang berhubungan dengan segala aktivitas yang menjadi tanggungjawabnya kepada pihak pemberi tanggungjawab (dalam hal ini sebagai principal) yang memiliki hak dan kewenangan untuk meminta pertanggungjawaban tersebut. Akuntabilitas merupakan merupakan kata kunci yang memunculkan akan kebutuhan akuntansi dan auditing. Berbicara mengenai Akuntansi, akuntansi adalah kegunaan akuntabilitas dalam penyusunan laporan guna untuk memberikan sumber daya publik yang efisien serta program dan kegiatan yang dilakukan. Jika dihubungkan Audit sektor publik, bahwa jika untuk menjamin dilakukanya pertanggungjawaban publik oleh lembaga-lembaga pemerintah maka diperlukan perluasan sistem pemeriksaan, tidak sekedar conventional audit namun perlu juga dilakukan value for money (VPM Audit).

Auditing sektor publik, dimana auditor dapat berperan dalam pelaksanaan akuntabilitas dengan menyediakan laporan-laporan yang menambah kredibilitas dan keandalan informasi yang dilapiran oleh pejabat pemerintah. Tujuan dari auditing sektor publik adalah :

  • Menyediakan jasa penyelidikan bagi masyarakat atas organisasi publik dan politikus yang mereka danai.

  • Audit secara individual sudah ditetapkan secara jelas sesuai undang-undang yang dibuat oleh pemerintah bagian dari organisasi audit.

  • Kegiatan audit sektor publik meliputi perencanaan, pngendalian, pengumpulan data, pemberian opini dan pelaporan.

Jadi pada intinya antara akuntabilitas, akuntansi dan auditing sektor pubik, merupakan satu bagian dan mempenyai hubungan yang erat dalam organisasi sektor publik. Karena organisasi sektor publik bergerak dalam bidang lingkungan yang sangat kompleks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: